Senin, 20 November 2017

Contoh Surat Permohonan Maaf

Surat Permohonan Maaf


Jika sudah terlanjur melakukan kesalahan tentu saja permintaan maaf sangat ditunggu demi mencairkan suasana sekaligus untuk menyelesaikan permasalahan. Terlebih lagi jika anda melakukan kesalahan di perusahaan tempat anda bekerja. Surat permintaan maaf tentu menjadi hal penting untuk anda berikan pada pimpinan perusahaan ini. Surat itu juga berguna sebagai wujud itikad baik anda di perusahaan.

Namanya saja meminta maaf, tentunya Anda harus dilakukan dengan cara yang benar disertai dengan kata-kata yang tepat. Dalam menulis surat permintaan maaf anda perlu memperhatikan berbagai hal guna menuliskan surat yang benar dan tepat. Sebenarnya menulis surat permintaan maaf tersebut merupakan hal yang sederhana jika anda melakukannya dengan benar dan sepenuh hati.

Sebelum mulai menulis surat permohonan maaf, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal tersebut dibawah ini:

  • Dalam menulis surat permohona maaf hendaknya anda menghilangkan segala macam rasa tinggi hati dan ego yang anda miliki.
  • Kemudian sampaikan permintaan maaf anda dengan singkat namun jelas.
  • Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang berikutnya adalah hendaknya anda menunjukkan rasa penyesalan anda yang mendalam.
  • Perlu diingat bahwa jangan pernah menyalahkan orang lain. Karena jika anda melakukannya, maka kesan yang buruk akan terlihat pada diri anda. Akan lebih baik jika anda mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan anda dan anda menyesal telah melakukannya.
  • Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang selanjutnya adalah jika surat tersebut merupakan surat permintaan maaf bisnis, maka gunakan surat formal yang ditulis dengan nada santai.
  • Jika anda melihat setiap contoh surat permintaan maaf bisnis, mungkin kepada pelanggan atau klien, anda akan tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu disebutkan seperti nama semua pihak yang terlibat, dan alasan mengapa anda menulis surat ini, apa kesalahan yang telah dibuat, jaminan bahwa anda tidak akan mengulangi kesalahan dan lain sebagainya.
  • Jangan membuat kesan seperti memaksa bahwa orang tersebut harus memaafkan anda.
  • Cara Menulis Surat Permohonan Maaf yang terakhir adalah sebaiknya surat permintaan maaf tersebut segera dikirimkan. Hal ini bertujuan agar masalah yang anda hadapi cepat selesai dan tidak menimbulkan kesan buruk pada diri anda di mata orang lain.

Dan untuk melengkapi, berikut ini kami paparkan beberapa contoh surat permintaan maaf yang dapat Anda jadikan rujukan.


Contoh Surat Permohonan Maaf



SURAT PERMOHONAN MAAF
No. II/SPP/VII/14



Hal : Surat Permohonan Maaf

Kepada Yth,
Deni Sutrisna
Di-Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Danang Sudrajat
Jenis kelamin : Laki-laki
Tanggal lahir : 05 Agustus 1984
Alamat : Jalan Tuanku Imam Bonjol No. 11 Surabaya
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Agama : Islam

Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Deni Sutrisna, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak mewawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Saudara ajukan  kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Saudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terima kasih.

Surabaya, 26 April 2016
Hormat saya,



Danang Sudrajat

Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi


Cianjur, 18 April 2012 No             : 1/I/AKPER/PBL/2012


Lampiran : –
Perihal     : Klarifikasi dan Permohonan Maaf
Kepada Yth. Kepala Desa Hegarmanah dan Seluruh Warga RW 03 Desa Hegarmanah
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan kabar dari sebagian warga yang sampai kepada kami selaku Mahasiswa, terkait masalah pendataan yang tidak menyeluruh terhadap seluruh warga. Kami bermaksud untuk mengklarifikasi dan meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan kami dalam pelaksanaan pendataan tersebut.

Adapun alasan nya sebagai berikut :

  1. Kekurangan kami dalam mengenal wilayah Desa Salam Nunggal, sehingga ada beberapa wilayah terpencil yang secara tidak sengaja terlewatkan.
  2. Ketidaktepatan waktu kami dalam pendataan bertepatan dengan jam kerja warga, sehingga pada saat pelaksanaannya ada sebagian warga yang tidak berada di tempat.
  3. Keterbatasan waktu yang kami miliki, sehingga pendataan yang kami lakukan kurang maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Kelompok RW 03 Desa Hegarmanah

Ahmad Hidayat
NIM. D009.003

Demikianlah  contoh surat permohonan maaf yang benar. Semoga referensi ini berguna bagi Anda yang sedang berkepentingan untuk membuat surat permohonan maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar